Bogor24Update – Imbas jalur rel terdampak Longsor di lintas Cicurug – Maseng, KA Pangrango keberangkatan 1 Juli 2023 dibatalkan dan Tiket Penumpang Diganti 100 Persen.
Demikian disampaikan pihak humas PT KAI Daop 1 Jakarta dalam rilisnya yang diterima bogor24update.id.
Pihak PTKAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan operasional perjalanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi dampak longsor yang terjadi di area jalur rel KM 17+7/8 antara Stasiun Cicurug dan Maseng.
“Pembatalan keberangkatan tersebut berdasarkan pertimbangan keselamatan dan keamanan seluruh penumpang dan petugas,” ujar Pelaksana Harian Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Feni Novida Saragih, Sabtu, 1 Juli 2023.
Berdasarkan data pemesanan tiket, lanjut Feni, untuk keberangkatan 1 Juli 2023 terdapat 2.514 tiket yang sudah terjual.
“Calon pengguna yang sudah membeli tiket dan terdampak pembatalan maka bea tiket akan dikembalikan 100 persen melalui proses pembatalan yang dapat dilakukan di Stasiun Bogor dan Sukabumi,” lanjutnya.
Sebelumnya, sambung Feni, informasi pembatalan juga disampaikan melalui pengiriman pesan singkat ke nomor kontak yang dicantumkan calon pengguna saat membeli tiket.
“Untuk tiket KA Pangrango Jumat (30/6) keberangkatan pukul 19.55 dari Bogor yang terdampak pembatalan, hingga pukul 22.00 WIB tercatat sekitar 60 tiket sudah melakukan pembatalan,” sambungnya.
Feni menjelaskan, proses pembatalan dapat dilakukan hingga 7 hari kedepan dan masyarakat yang sudah membeli tiket tidak harus melakukan pembatalan pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan.
Saat ini, kata dia, upaya perbaikan jalur rel yang terdampak longsor tersebut terus berlanjut dilakukan oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub.
“Untuk perjalanan KA Pangrango pada Minggu 2 Juli 2023 akan diinformasikan kembali selanjutnya melalui media informasi resmi KAI dan di seluruh stasiun lintas Bogor – Sukabumi,” pungkas Feni.
Diketahui, peristiwa longsor terjadi pada Jumat (30/6) pukul 19.00 WIB, yang mengakibatkan kondisi rel menggantung sepanjang 15 meter dengan kedalaman 3 meter.
Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan KA Pangrango dan Proses Pembatalan Tiket dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121