Selain layanan di area Gedung, MPP Kota Bogor juga dirancang untuk menjadi pusat layanan berbasis teknologi,dalam rangka mendukung program transformasi digital di sektor pelayanan publik sistem online yang diterapkan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan registrasi hingga pengaduan. Keberadaan MPP ini dapat meningkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memerlukan pendekatan strategis dengan mencakup aspek teknis, organisasi, dan budaya. MPP dapat pula mengembangkan platform terpadu yang dapat menghubungkan berbagai aplikasi atau sistem dari instansi pemerintah yang berbeda serta memastikan keamanan siber dengan terkait data, dan mekanisme kontrol akses yang ketat. Sehingga diperlukan kolaborasi semua lembaga agar MPP dapat menjadi garda terdepan dalam menjalankan salah satu aspek pelayanan SPBE ini.
Namun sebagai suatu model pelayanan yang asih relative baru, tentunya masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan pelayanan agar tujuannya dapat tercapai. Meski telah membawa banyak manfaat, MPP Kota Bogor masih memiliki ruang untuk berkembang agar semakin efektif melayani masyarakat, diantaranya perlu layanan digital seperti aplikasi mobile yang dapat membantu mempercepat proses dan mengurangi antrean, serta peningkatan fasilitas pendukung seperti ruang tunggu, ruang ramah anak, serta penambahan informasi dterkait alur pelayanan yang ada di area MPP. Selain fasilitas infrastruktur perlu pula dilakukan peningkatan sumber daya manusia, yang memiliki keramahan, dengan karakter melayani dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi dan pelayanan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah peningkatan sosialisasi dan edukasi terkait keberadaan dan manfaat MPP di Kota Bogor, karena dengan adanya sosialisasi lebih intensif kepada Masyarakat, maka diharapkan kunjungan masyarakat ke MPP Kota Bogor akan lebih meningkat dari waktu ke waktu. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan maka Masyarakat harus diberikan ruang untuk memberikan kritik, saran dan masukan terkait pelayanan di MPP Kota Bogor, sehingga terjadi perbaikan yang berkelanjutan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat serta perkembangan teknologi digital yang semakin modern.
Dengan berkembangnya teknologi, berubahnya kebiasaan masyarakat serta perubahan model pemerintahan yang berbasis layanan, maka keberadaan MPP ini merupakan suatu keniscayaan yang harus terus dikembangkan menyesuaikan perekembangan zaman. Merupakan suatu tantangan bagi pemerintah daerah dan Lembaga pelayanan baik pemerintah, BUMN, BUMD maupun swasta untuk berkolaborasi menjadikan MPP sebagai garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat.
Pemerintah Kota Bogor sudah sepatutnya memberikan perhatian yang serius dalam meningkatkan fungsi dan pelayanan MPP dengan cara mengalokasikan sumberdaya keuangan yang memadai, serta sumberdaya manusia yang berkualitas. Selain itu perlu juga didukung dengan kebijakan politik daerah melalui Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor dengan memberikan dukungan melalui peraturan-peraturan daerah untuk mendukung keberlangsungan dan peningkatan MPP ini.
Sebagai penutup, Kota Bogor sebagai kota yang terus berkembang, membutuhkan keberadaan MPP untuk menjadi salah satu indikator modernisasi pelayanan yang dapat menarik investor, memperbaiki citra pemerintah daerah, dan meningkatkan daya saing Kota Bogor di tingkat nasional. Dengan adanya MPP ini diharapkan Pelayanan Publik Kota Bogor menjadi lebih meningkat dan merupakan inovasi positif yang mencerminkan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada Masyarakat di berbagai aspek sehingga MPP dapat terus berkembang menjadi model pelayanan publik yang ideal dan menginspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia.