Bogor24Update – Komisi II DPRD Kota Bogor menggelar rapat kerja pembahasan RAPBD 2025 dengan mitra kerjanya, Perumda Trans Pakuan Kota Bogor, pada Selasa kemarin.
Rapat tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Bogor, M. Rusli Prihatevy yang juga koordinator Komisi II dan dibuka oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Bogor, Abdul Kadir Hasbi Alatas.
Dalam rapat, Rusli mempertanyakan perihal wacana pencabutan subsidi BisKita dari pemerintah pusat dan peralihan subsidi ke APBD Kota Bogor.
Menurut Rusli, jika peralihan dilakukan dan Perumda Trans Pakuan masih belum menjadi operator resmi, hal tersebut tentunya akan merugikan Perumda Trans Pakuan.
“Dari proyeksi yang ada, kalau mau gas pol, gas aja. Karena begini, dari proyeksi yang disampaikan, kami berharap betul 10 tahun Perumda Trans Pakuan tidak ada kontribusi PAD, dengan adanya peluang ini dan angin segar di tahun berikutnya bisa memberikan potensi PAD kepada pemerintah,” kata Rusli dikutip Rabu, 23 Oktober 2024.
Rusli mengatakan, komisi II memahami bahwa saat ini operator resmi dari BisKita adalah Kodjari, sehingga Perumda Trans Pakuan tidak mendapatkan keuntungan apa-apa karena kepemilikan bus pun dipegang oleh Kodjari.
Untuk itu, dengan proyeksi yang ada, komisi II meminta komitmen dari Perumda Trans Pakuan untuk bisa memberikan pendapatan asli daerah (PAD) kepada Kota Bogor jika diberikan rekomendasi penugasan sebagai operator BisKita yang baru.
“DPRD akan support sekuat tenaga. Tetapi harus ada komitmen dan kepastian dari Perumda Trans Pakuan, kontribusi yang akan diberikan berapa (PAD),” ujar Rusli.
Dengan begitu, komisi II akan membuat surat rekomendasi kepada Wali Kota Bogor untuk memberikan surat penugasan kepada Perumda Trans Pakuan untuk mengelola BisKita.
Lebih lanjut, ia menyoroti perihal persoalan hutang antara Perumda Trans Pakuan dengan karyawan eks PDJT yang diperkirakan jumlahnya mencapai Rp7,7 miliar.
Ia pun meminta kepada Perumda Trans Pakuan agar segera menyelesaikan persoalan tersebut, agar adanya kepastian pendapatan dan kontribusi.
Sebab, sambungnya, dari rencana bisnis yang ada, mulai tahun 2025 Perumda Trans Pakuan diperkirakan bisa mendapatkan keuntungan Rp750 juta per tahun. Hanya saja Rp500 juta akan digunakan untuk mencicil hutang karyawan selama 10 tahun.
Hal tersebut tentu membuat Perumda Trans Pakuan tidak dapat memberikan kontribusi ke PAD Kota Bogor dan menjadi penghambat untuk diberikannya penyertaan modal pemerintah (PMP) di kemudian hari dengan rekam jejak pengelolaan aset dan keuangan yang buruk.
“Jadi harus jelas ini skala prioritas penggunaan anggaran di Perumda Trans Pakuan. Kami meminta agar permasalahan di masa lalu segera diselesaikan agar tidak menjadi kerikil dalam mencapai masa depan,” tutupnya. (*)