Bogor24Update
No Result
View All Result
  • Login
  • Headline
  • News
  • Kota Bogor
  • Kabupaten Bogor
  • Persikabo Corner
  • Hukum dan Kriminal
  • Sosok
  • Paling Viral
    • Wisata Bogor
    • Kuliner Bogor
    • Galery Foto
    • Info Netizen
  • Cerita Warga
Bogor24Update
  • Headline
  • News
  • Kota Bogor
  • Kabupaten Bogor
  • Persikabo Corner
  • Hukum dan Kriminal
  • Sosok
  • Paling Viral
    • Wisata Bogor
    • Kuliner Bogor
    • Galery Foto
    • Info Netizen
  • Cerita Warga
No Result
View All Result
Bogor24Update
No Result
View All Result
  • Headline
  • News
  • Kota Bogor
  • Kabupaten Bogor
  • Kuliner Bogor
  • Wisata Bogor
  • Persikabo Corner
  • Hukum dan Kriminal
  • Paling Viral
  • Info Netizen
  • Cerita Warga
  • Sosok
  • Galery Foto
Home Kota Bogor

Mal Pelayanan Publik Kota Bogor adalah Sebuah Inovasi dan Tantangan Masa Depan

Redaksi by Redaksi
6 Desember 2024
Reading Time: 3 mins read
A A
0
Caption foto: Mahasiswa Doktoral, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Tri Kisowo Jumino

Caption foto: Mahasiswa Doktoral, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Tri Kisowo Jumino

Oleh : Tri Kisowo Jumino

Mal Pelayanan Publik (MPP) Grha Tiyasa Kota Bogor didirikan berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 39 tahun 2019, sebagai bagian dari program pemerintah untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Konsep ini lahir dari kebutuhan akan efisiensi dan transparansi pelayanan publik. MPP Kota Bogor diresmikan pada tahun 2021, menjadikannya salah satu terobosan pemerintah daerah dalam menyatukan berbagai layanan publik di satu tempat.

Berdasarkan data dari Situs resmi MPP Kota Bogor hingga tulisan ini dibuat, website MPP ini telah dikunjungi oleh 228.246 pengunjung yang memanfaatkan pelayanan ataupun informasi di website MPP, serta terjadi peningkatan pelayanan mencapai 13% pada tahun 2024. MPP Beralamat di Gedung Lippo Plaza, jalan Malabar 2 no 17A Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, merupakan lokasi strategis di Kota Bogor yang dapat di akses dengan mudah oleh masyarakat dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Di bawah pengelolaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, terdapat 17 instansi dengan 181 layanan.yang bergabung memberikan pelayanan kepada Masyarakat.

BACA JUGA :

BRI Peduli Serahkan Ambulans pada Yayasan Rahaya Wargi Pasundan

BRI Peduli Serahkan Ambulans pada Yayasan Rahaya Wargi Pasundan

18 September 2025
Tembok Rumah Warga di Kencana Ambruk Akibat Cuaca Ekstrem

Tembok Rumah Warga di Kencana Ambruk Akibat Cuaca Ekstrem

18 September 2025
Pemkot Bogor Kembali Perpanjang Penugasan Alma Wiranta sebagai Kabag Hukum dan HAM 

Pemkot Bogor Kembali Perpanjang Penugasan Alma Wiranta sebagai Kabag Hukum dan HAM 

18 September 2025
3 Lurah Wakili Kota Bogor di Anugerah Gapura Sri Baduga 

3 Lurah Wakili Kota Bogor di Anugerah Gapura Sri Baduga 

17 September 2025

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2017, MPP adalah suatu tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara /Badan usaha Milik Daerah dan Swasta dalam rangka menyediakan pelayanan

Pembentukan MPP Kota Bogor bertujuan memberikan layanan publik yang lebih efisien, transparan, dan terintegrasi kepada masyarakat yang cepat, mudah, dan terjangkau secara lebih rinci, dengan mempermudah akses masyarakat ke berbagai layanan pemerintah dan swasta dalam satu lokasi. Hal ini akan mengurangi waktu, biaya, dan tenaga yang dibutuhkan untuk mendapatkan layanan yang sebelumnya tersebar di berbagai tempat. MPP dirancang untuk memadukan berbagai layanan dengan sistem yang lebih terorganisir dengan proses pelayanan yang terintegrasi memungkinkan masyarakat mendapatkan layanan yang lebih cepat dan tepat waktu. Dengan sistem yang berbasis teknologi dan keterbukaan informasi, MPP dapat meminimalkan praktik korupsi, pungutan liar, atau penyimpangan dalam layanan publik karena masyarakat dapat dengan mudah memantau proses dan biaya layanan.

MPP menyediakan layanan lintas instansi, baik pemerintah daerah, pusat, maupun swasta. Mulai dari administrasi kependudukan, perizinan usaha, pajak, hingga layanan imigrasi, kepolisian, Kantor Urusan Agama, pertanaham dan layanan lainnya yang dapat diakses di satu lokasi. Dengan menghadirkan pelayanan prima yang ramah, cepat, dan nyaman, maka dapat meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah daerah.

Selain layanan di area Gedung, MPP Kota Bogor juga dirancang untuk menjadi pusat layanan berbasis teknologi,dalam rangka mendukung program transformasi digital di sektor pelayanan publik sistem online yang diterapkan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan registrasi hingga pengaduan. Keberadaan MPP ini dapat meningkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memerlukan pendekatan strategis dengan mencakup aspek teknis, organisasi, dan budaya. MPP dapat pula mengembangkan platform terpadu yang dapat menghubungkan berbagai aplikasi atau sistem dari instansi pemerintah yang berbeda serta memastikan keamanan siber dengan terkait data, dan mekanisme kontrol akses yang ketat. Sehingga diperlukan kolaborasi semua lembaga agar MPP dapat menjadi garda terdepan dalam menjalankan salah satu aspek pelayanan SPBE ini.

Namun sebagai suatu model pelayanan yang asih relative baru, tentunya masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan pelayanan agar tujuannya dapat tercapai. Meski telah membawa banyak manfaat, MPP Kota Bogor masih memiliki ruang untuk berkembang agar semakin efektif melayani masyarakat, diantaranya perlu layanan digital seperti aplikasi mobile yang dapat membantu mempercepat proses dan mengurangi antrean, serta peningkatan fasilitas pendukung seperti ruang tunggu, ruang ramah anak, serta penambahan informasi dterkait alur pelayanan yang ada di area MPP. Selain fasilitas infrastruktur perlu pula dilakukan peningkatan sumber daya manusia, yang memiliki keramahan, dengan karakter melayani dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi dan pelayanan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah peningkatan sosialisasi dan edukasi terkait keberadaan dan manfaat MPP di Kota Bogor, karena dengan adanya sosialisasi lebih intensif kepada Masyarakat, maka diharapkan kunjungan masyarakat ke MPP Kota Bogor akan lebih meningkat dari waktu ke waktu. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan maka Masyarakat harus diberikan ruang untuk memberikan kritik, saran dan masukan terkait pelayanan di MPP Kota Bogor, sehingga terjadi perbaikan yang berkelanjutan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat serta perkembangan teknologi digital yang semakin modern.

Dengan berkembangnya teknologi, berubahnya kebiasaan masyarakat serta perubahan model pemerintahan yang berbasis layanan, maka keberadaan MPP ini merupakan suatu keniscayaan yang harus terus dikembangkan menyesuaikan perekembangan zaman. Merupakan suatu tantangan bagi pemerintah daerah dan Lembaga pelayanan baik pemerintah, BUMN, BUMD maupun swasta untuk berkolaborasi menjadikan MPP sebagai garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Pemerintah Kota Bogor sudah sepatutnya memberikan perhatian yang serius dalam meningkatkan fungsi dan pelayanan MPP dengan cara mengalokasikan sumberdaya keuangan yang memadai, serta sumberdaya manusia yang berkualitas. Selain itu perlu juga didukung dengan kebijakan politik daerah melalui Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor dengan memberikan dukungan melalui peraturan-peraturan daerah untuk mendukung keberlangsungan dan peningkatan MPP ini.

Sebagai penutup, Kota Bogor sebagai kota yang terus berkembang, membutuhkan keberadaan MPP untuk menjadi salah satu indikator modernisasi pelayanan yang dapat menarik investor, memperbaiki citra pemerintah daerah, dan meningkatkan daya saing Kota Bogor di tingkat nasional. Dengan adanya MPP ini diharapkan Pelayanan Publik Kota Bogor menjadi lebih meningkat dan merupakan inovasi positif yang mencerminkan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada Masyarakat di berbagai aspek sehingga MPP dapat terus berkembang menjadi model pelayanan publik yang ideal dan menginspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia.

Tags: efisiensi dan transparansi pelayanan publikGedung Lippo PlazaGrha Tiyasa Kota Bogorjalan Malabar 2 no 17A Kelurahan BabakanKecamatan Bogor Tengahkota bogorMal Pelayanan Publik (MPP)MPP Kota Bogorprogram pemerintahTri Kisowo Jumino
SendShare2Tweet1ShareShareSend
Previous Post

Rekapitulasi Selesai, KPU Tetapkan Rudy-Ade Pemenang Pilkada Kabupaten Bogor 

Next Post

Kurir Narkoba Ditangkap Polisi di Kota Bogor, 5 Kg Ganja Disita

Redaksi

Redaksi

Related Posts

BRI Peduli Serahkan Ambulans pada Yayasan Rahaya Wargi Pasundan
Kota Bogor

BRI Peduli Serahkan Ambulans pada Yayasan Rahaya Wargi Pasundan

18 September 2025
Tembok Rumah Warga di Kencana Ambruk Akibat Cuaca Ekstrem
Kota Bogor

Tembok Rumah Warga di Kencana Ambruk Akibat Cuaca Ekstrem

18 September 2025
Pemkot Bogor Kembali Perpanjang Penugasan Alma Wiranta sebagai Kabag Hukum dan HAM 
Kota Bogor

Pemkot Bogor Kembali Perpanjang Penugasan Alma Wiranta sebagai Kabag Hukum dan HAM 

18 September 2025
3 Lurah Wakili Kota Bogor di Anugerah Gapura Sri Baduga 
Kota Bogor

3 Lurah Wakili Kota Bogor di Anugerah Gapura Sri Baduga 

17 September 2025
Tinjau Longsor Batutulis, Komisi V DPR RI Minta Penanganan Cepat dan Menyeluruh
Kota Bogor

Tinjau Longsor Batutulis, Komisi V DPR RI Minta Penanganan Cepat dan Menyeluruh

17 September 2025
DPRD Dorong Pemkot Bentuk Tim Pengembangan Pondok Pesantren
Kota Bogor

DPRD Dorong Pemkot Bentuk Tim Pengembangan Pondok Pesantren

17 September 2025
Next Post
Kurir Narkoba Ditangkap Polisi di Kota Bogor, 5 Kg Ganja Disita

Kurir Narkoba Ditangkap Polisi di Kota Bogor, 5 Kg Ganja Disita

Segini UMK Kabupaten Bogor jika Naik sebesar 6,5 Persen

Segini UMK Kabupaten Bogor jika Naik sebesar 6,5 Persen

Please login to join discussion

BERITA POPULER

Angkot Kota Bogor

Tarif Angkot Kota Bogor Februari 2024, Lengkap dengan Rutenya

21 Februari 2024
Detik detik saat pembacokan pelajar di Simpang Pomad, Kota Bogor. (Tangkapan layar dashcam William Sangga)

Detik-detik Pembacokan Pelajar di Simpang Pomad Bogor Terekam Dashcam Pengendara

11 Maret 2023
Ribuan Warga Kota Bogor Sambut Gubernur Jabar di “Nganjang Ka Warga”

Ribuan Warga Kota Bogor Sambut Gubernur Jabar di “Nganjang Ka Warga”

26 Juli 2025
Buron 2 Bulan, Eksekutor Pembacokan Pelajar SMK di Simpang Pomad Diringkus Polisi

Buron 2 Bulan, Eksekutor Pembacokan Pelajar SMK di Simpang Pomad Diringkus Polisi

20 Mei 2023
cara perpanjang EKTP

Warga Kabupaten Bogor Mau Cetak E-KTP Tanpa ke Dukcapil? Begini Caranya 

19 Februari 2024

EDITOR'S PICK

Peduli Lingkungan, Polresta Bogor Kota Tanam Ribuan Pohon Produktif

Peduli Lingkungan, Polresta Bogor Kota Tanam Ribuan Pohon Produktif

23 Agustus 2023
Jadwal SIM Keliling Bogor

Informasi Jadwal SIM Keliling Kamis 1 Februari 2024

31 Januari 2024
KPU Kabupaten Bogor Rancang Pilot Project Logistik Pemilu 2024

KPU Kabupaten Bogor Rancang Pilot Project Logistik Pemilu 2024

28 Juli 2023
Ilustrasi Tawuran

Polres Bogor Tangkap 2 pelaku Pembacokan di Cilebut

25 Juli 2023

TENTANG KAMI

Bogor24Update

Selamat Datang di Bogor24Update.id
Portal Berita yang dikelola oleh PT KARYA MEDIA INFINITE - SK Kemenkumham RI
NOMOR : AHU-038889.AH.01.30.Tahun 2022

◉ Redaksi ◉ Tentang Kami ◉ Pedoman Media Cyber ◉

© 2023 Bogor24Update

No Result
View All Result
  • Headline
  • News
  • Kota Bogor
  • Kabupaten Bogor
  • Persikabo Corner
  • Hukum dan Kriminal
  • Sosok
  • Paling Viral
    • Wisata Bogor
    • Kuliner Bogor
    • Galery Foto
    • Info Netizen
  • Cerita Warga

BOGOR24UPDATE © 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In